Senin, 23 Juli 2012

PROFIL PANTI ASUHAN AL-LATHIIF


A.    PROFIL

Panti Asuhan dan Pesantren al-Lathif beralamat di Sidokerto, Rt 01 Rw 01, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Berdiri di atas tanah seluas ± 800 m², wakaf dari Keluarga Bapak H. Muhammad Bashor. Anak asuh berasal dari anak yatim, piatu, yatim piatu, dan dhu’afa yang berasal dari berbagai daerah (saat ini anak asuh berasal dari Sleman, Bantul, Palembang, Bogor, Banjar Negara, Banyu Mas, Tegal, Kulon Progo, Karang Anyar, Wonogiri, Gunung Kidul, Blora, Batang, dan Klaten). Semua anak asuh masih duduk di bangku pendidikan, tercatat dari 24 anak asuh, 2 anak duduk di bangku SMP, 21 anak di SMK, dan 1 anak di Perguruan Tinggi. Beberapa tempat pendidikan anak asuh adalah di SMP N 3 Kalasan, SMP Muhammadiyah 2 kalasan, SMK Muhammadiyah Prambanan, SMK Diponegoro Depok, Sleman, dan STIM YKPN Yogyakarta.
Untuk mengantarkan anak asuh agar bisa hidup mandiri dan, anak asuh dibekali dengan ilmu-ilmu keagamaan dan ketrampilan. Untuk kajian keagamaan ada beberapa mata pelajaran yang diselenggarakan yakni: kajian tafsir al-qur’an diampu oleh Ustad Khiyauddin Abbas; kajian bahasa arab diampu oleh Ustad Muhammad Rofiky, M.Hum.; kajian tilawatil Qur’an diampu oleh Ustad Ali Mutafi M.S.I; kajian fikih, hadis, dan pengembangan diri di asuh oleh Ustad Suyatno, M.Pd.I kajian keagamaan dilaksanakan setiap ba’da magrib, ba’da isya’ dan ba’da shubuh.
Sedangkan untuk ketrampilan, panti asuhan memiliki beberapa amal usaha yang dikelola oleh anak asuh, antara lain: budidaya perikanan, pertanian, budidaya jamur, serta pembuatan makanan ringan.
Budidaya perikanan dilakukan di kolam sewa seluas 500 m2 yang dibiayai oleh seorang donatur. Terdiri dari ikan lele, nila dan gurami. Pertanian dilakukan di atas tanah seluas 1000 m2 di prambanan, wakaf dari keluarga bapak asmuni. Budidaya jamur dilakukan di sebidang tanah dekat gedung panti asuhan (saat ini berhenti dan akan diteruskan setelah ramadhan).  
 Kami menerima infaq dan Sodaqah anda untuk mewujudkan yatim mandiri melalui rekening BRI cabang Kalasan atas nama Bapak Suyatno dengan nomor rekening 3067-01-017455-53-2 atau bisa langsung silaturakhim ke Panti Asuhan Al-lathiif alamat sidokerto 01/01 Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta telp 085292453242

Tidak ada komentar: